Beratnya hukuman orang yang melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar, tetapi ia sendiri tidak melakukannya. Bab 24, kitab Riyadhus Sholihin .

January 6, 2016 by abahzaky2014

Ayat2 terkait ;

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم.

Al Baqarah ayat 44.

أَتَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبِرِّ وَتَنْسَوْنَ أَنْفُسَكُمْ وَأَنْتُمْ تَتْلُونَ الْكِتَابَ ۚ أَفَلَا تَعْقِلُونَ  ﴿٤٤﴾؅

44. Mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban)mu sendiri, padahal kamu membaca Al Kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?

ash-Shaff ayat 2.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ  ﴿٢﴾؅

2. Wahai orang-orang yang beriman, kenapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan?

Ash-Shaff ayat 3.

كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُونَ  ﴿٣﴾؅

3. Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.

al Huud 88.

قَالَ يَا قَوْمِ أَرَأَيْتُمْ إِنْ كُنْتُ عَلَىٰ بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّي وَرَزَقَنِي مِنْهُ رِزْقًا حَسَنًا ۚ وَمَا أُرِيدُ أَنْ أُخَالِفَكُمْ إِلَىٰ مَا أَنْهَاكُمْ عَنْهُ ۚ إِنْ أُرِيدُ إِلَّا الْإِصْلَاحَ مَا اسْتَطَعْتُ ۚ وَمَا تَوْفِيقِي إِلَّا بِاللَّهِ ۚ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْهِ أُنِيبُ  ﴿٨٨﴾؅

88. Syu’aib berkata: “Hai kaumku, bagaimana pikiranmu jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku dan dianugerahi-Nya aku dari pada-Nya rezeki yang baik (patutkah aku menyalahi perintah-Nya)? Dan aku tidak berkehendak menyalahi kamu (dengan mengerjakan) apa yang aku larang. Aku tidak bermaksud kecuali (mendatangkan) perbaikan selama aku masih berkesanggupan. Dan tidak ada taufik bagiku melainkan dengan (pertolongan) Allah. Hanya kepada Allah aku bertawakkal dan hanya kepada-Nya-lah aku kembali.

Adapun hadistnya

‏وعن أبي زيد أسامة بن زيد بن حارثة، رضي الله عنهما، قال‏:‏ سمعت رسول الله، صلى الله عليه وسلم، يقول‏:‏ ‏’‏يؤتى بالرجل يوم القيامة فيلقى في النار فتندلق أقتاب بطنه فيدور بها كما يدور الحمار في الرحى فيجتمع إليه أهل النار فيقولون‏:‏ يا فلان ما لك ‏؟‏ ألم تك تأمر بالمعروف وتنهى عن المنكر‏؟‏ فيقول‏:‏ بلى، كنت آمر بالمعروف ولا آتيه، وأنهى عن المنكر وآتيه‏’‏ ‏(‏‏(‏متفق عليه‏)‏‏)‏ ‏.‏ (5)

 Artinya :

Aku mendengar Rasulullah saw bersabda :

‘ Akan didatangkan seorang laki-laki pada hari kiamat, lalu ia dilemparkan ke dalam neraka, lalu keluarlah isi perutnya. Lalu orang itu berputar-putar pada isi perutnya, sebagaimana seekor keledai mengelilingi gilingan. Para ahli neraka berkumpul di sekelilingnya dan bertanya : ‘ mengapa engkau ini, ya fulan? Bukankan engkau dulu suka memerintahkan kebaikan dan melarang kemungkaran? ‘

Orang tersebut menjawab, ‘Benar , aku dulu suka memerintahkan kepada kebaikan tetapi aku sendiri tidak melakukannya, dan aku melarang kemungkaran tapi aku sendiri mengerjakannya.’
Muttafaq ‘alaih.

Mutiara hadist :

1. Beratnya hukuman bagi orang yang perbuatannya tidak sesuai dengan ucapannya, lantaran dia berbuat maksiat. Padahal dia memiliki pengetahuan yang membuatnya takut kepada Allah dan menjauhi perbuatan maksiat tersebut.

2. Di antara informasi hal-hal gaib yang disampaikan oleh Rasulullah saw adalah gambaran tentang neraka dan keadaan orang-orang yang disiksa di dalamnya.

3. Mengerjakan kebaikan dan meninggalkan kenungkaran adalah penyebab terhalangnya manusia dari masuk api neraka.
Mudah2an bermanfaat adanya.