Menjaga Pandangan Mata

June 1, 2017 by abahzaky2014

Copas dari MJT grup.

 

Berkata Al-Habib Umar bin Hafidz Dalam Kitab Nafahat Romadhoniyah Karangan Al-Habib Muhammad bin Abdullah Al-Haddar :
Menjaga Pandangan Mata
Sesungguhnya orang mukmin saat ini dalam bulan penyucian, pembersihan, pemurnian, kenaikan tingkat dan dekat pada Allah SWT, didalamnya terdapat banyak faidah yg akan diperoleh setiap mukmin, yg akan digunakannya dengan baik, memperoleh kebaikannya, yg akan menjadi tinggi tingkatannya, dan akan mendapat hakikat dengan kesuksesan yg agung semoga kita semua mendapat kesuksesan yg agung tersebut.
Sesungguhnya yg menjadikan bulan Romadhon ini menjadi mulia dan agung adalah kita mencermati bagaimana sirr kita dalam mengontrol penglihatan mata kita, yg mana kebanyakan dengan sebab mata terjadi kejadian dalam kehidupan manusia, karena mata punya pengaruh yg besar pada hati dan fikiran.
Mata ini, jika dijaga penggunaannya dalam batas-batas yg diperbolehkan maka berarti pemiliknya telah menyiapkannya untuk kelak dapat memandang wajah para nabi, para utusan, para shiddiqin di hari kiamat dan memandang wajah pemimpin serta junjungan mereka Nabi Muhammad SAW.
Mata ini wajib dijaga dari sesuatu yg menodai yg mencegah dapat melihat wajah-wajah tersebut, yaitu wajah yg disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai ciri penghuni surga bahagia yg berseri berseri, tertawa bahagia, engkau dapati ciri di wajah mereka tanda kenikmatan di dalamnya dan melihat mereka adalah pendahuluan untuk dapat melihat surga dan seisinya dari pada apa-apa yg telah disiapkan Allah bagi penghuninya.
Dan surga itulah yg telah dibuka pintunya di hari hari dan malam-malam bulan Romadhon dari awal sampai akhir bulan Romadhon.
Sebagaimana hal ini telah di umumkan oleh nabi kita tentang kedudukan bulan ini, dan tingginya derajat bulan ini disisi Allah, Allah juga telah menyiapkan untuk hamba-hambaNya agar dapat masuk surga dengan sebab datangnya bulan ini.
Bersabda Nabi SAW : “Jika datang tanggal 1 bulan romadhon maka akan dibukakan pintu pintu surga yg tidak akan tertutup sampai 1 bulan penuh, dan akan ditutup pintu pintu neraka yg tidak akan dibuka sampai 1 bulan penuh dan syaithon-syaithon juga akan di belenggu di ikat.”
Para syaithon akan dikekang agar tidak merusak puasa manusia, yg ada hanyalah syaithon-syaithon kecil dan pembesar iblis, yg tersisa hanyalah bafsu yg selalu memerintahkan akan keburukan, yg selalu menuntun pada kesalahan di musim yg penuh berkah dan cahaya ini.
Wahai mukmin, belajarlah di bulan Romadhon untuk dapat mengendalikan mata, karena melihat disertai syahwat itu dpat membatalkan puasa secara maknawi, menghilangkan pahala, dan melihat pada wajah orang ajnabi (bukan mahram) dan pada aurot manusia itu diharamkan, sebagaimana diharamkannya melihat isi rumah seseorang tanpa seizin pemiliknya.
Dan telah bersabda Nabi SAW : “Sesungguhnya diharuskan minta izin jika akan masuk rumah seseorang adalah karena sebab melihat pada isi rumah.”
Maka telah diberi petunjuk pada kita jika akan memasuki rumah seseorang hendaknya tidak menghadap ke dalam rumah agar pandangan tidak tertuju ke dalam ketika tuan rumah membuka pintu.
Inilah sopan santun yg diajarkan oleh Al-Mukhtar pendidik, penasihat, mu’allim yg penyayang semoga sholawat Allah atas Beliau dan orang-orang yg berjalan di manhaj Beliau.

Dengan meluruskan urusan mata ini maka hati akan terselamatkan dari kesalahan yg banyak.
Wahai mukmin, kendalikanlah mata agar kamu dituntun menuju kemuliaan, sehingga kamu tidak terjerumus untuk dipakaikan celak dari bara api neraka.
Karena barang siapa yg memenuhi pandangan matanya dari yg haram maka Allah akan memenuhi pandangan matanya dari api neraka.
Sesungguhnya syaithon telah menebarkan bermacam-macam keburukan dengan berbagai cara, dengan televisi, internet, dan lain sebagainya.
Tidak ada satupun dari mereka yg bisa mengendalikan pandanganmu untuk berpaling sedikit dari pemandangan yg diharamkan ini.
Dan jika kendali sudah rusak, maka akan rusak juga hatimu yg merupakan raja anggota badanmu, hawa nafsumu akan tertuntun untuk selalu melihat yang haram, maka ketika itu engkau sama saja telah menghancurkan harga diri dan kemuliaanmu sendiri, kamu menyodorkan keluarga dan anak-anakmu ‌untuk perkara yg hina, yg buruk, yg merusak lagi menjatuhkan naudzu billah min dzalik.
Karena barang siapa yg memandang pada macam macam gambar yg haram berarti ia menyodorkan keluarganya untuk melihat yg haram juga sebagaimana ia telah berani melakukannya, oleh karena itu kita baca dalam Al-Qur’an bimbingan yg jelas :
قل للموءمنين يغضوا من أبصارهم و يحفظوا فروجهم…
“Katakanlah pada orang-orang mukmin agar mereka menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan mereka, hal itu lebih pantas dan suci bagi mereka… ila akhir ayat.”
Mengendalikan mata adalah salah satu pelajaran yg dapat diambil pelajaran bagi mukmin dalam bulan Romadhon agar dapat mendekat pada Allah. Yg akan menuntunnya pada ketaatan Allah yg akan membawa kemanfaatan dunia dan akhirat.
Dan dalam hadist yg lain disebutkan : “Pandangan adalah panah beracun dari panahnya iblis yg terkutuk.”
Allah berfirman : “Barang siapa meninggalkan pandangan itu karena takut pada-Ku maka Aku akan menggantikan dengan keimanan yg akan ia dapatkan manisnya iman itu dalam hatinya.”
Wahai mukmin, ketika merata fitnah, kerusakan, dan tipu daya syaithon maka menjadi besar pahala orang yg bersungguh-sungguh pada Allah, termasuk orang yg menundukkan pandangan karena Allah.
“Beribadah ketika terjadi kerusuhan (fitnah zaman) maka pahalanya seperti orang yg hijrah padaku.” (Al-Hadist)
Dan Beliau bersabda : “Barang siapa yg menghidupkan sunnahku ketika rusaknya (moral) umatku maka baginya pahala org yg mati syahid, dalam riwayat 100 syahid.”

Bagi yg menghidupkan sunnah Rasul ketika rusaknya zaman.
Perkara mata ini adalah urusan yg agung andai engkau mengerti.
Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati semua itu nanti akan di pertanggung jawabkan.
Maka kenalilah Dzat yg memberi mata, maka engkau akan mendapat penjagaan dalam pandangan engkau akan mendapat hakikat puasa dan barokah Romadhon.
Wa billahi taufik semoga Allah mengambil tangan-tangan kita menuju pada-Nya, dan mnjaga pendengaran serta pandangan kita dari segala sesuatu yg membuat-Nya murka dan memelihara kita dengan pemeliharaan-Nya.
Walhamdulillahi robbil ‘alamiin
اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم

Tanggalan

June 2017
M T W T F S S
« May   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  

Blog Stats

  • 50,094 hits
web
statistics