MJT Mart di Media Cetak

March 28, 2017 by abahzaky2014

Dari Suara Merdeka Edisi 20 Maret 2017.

Maret 20, 2017

Buka Minimarket demi Kepentingan Masyarakat

BIASANYA dalam membuka usaha seperti minimarket, tujuan utamanya adalah murni kepentingan bisnis. Namun yang dilakukan Komunitas Rabithah Pekalongan sepertinya berbeda. Komunitas yang bergerak di bidang sosial ini, belum lama ini membuka usaha minimarket yang diberi nama MJT Mart di Jalan Bandung No 44, Kota Batik. Misinya menjalankan usaha tersebut demi kepentingan masyarakat.
Dalam hal ini, ingin membantu pengembangan produk usaha kecil milik warga di daerah tersebut. ”Bagi UMKM ataupun industri kecil bisa menitipkan barang produksinya di jual di sini,” ujar Ketua Komunitas Rabithah Ahmad Al Athos SE usai pelaksanaan soft opening MJTMart, kemarin. Bukan hanya itu, tandas dia, hasil dari usaha minimarketnya bakal difungsikan untuk kegiatan sosial yang sudah cukup lama berlangsung.
Di kantor komunitasnya Jalan Cempaka 18, dia memberikan beasiswa bagi warga yang kurang mampu mulai SD hingga perguruan tinggi setiap tahunnya. Kemudian juga sering ikut andil dan berpartisipasi memberikan sumbangan barang dan lainnya apabila ada musibah atau kejadian di wilayah kerjanya. Diakuinya, selama ini komunitas yang berdiri sekitar 1934 dalam mengelola aksi sosialnya, dana dari swadaya anggota baik yang ada di Pekalongan, luar kota dan negeri maupun pusat di Jakarta.
Galang Dana
Walau begitu, Ahmad dan pengurus lainnya tak ingin menggantungkan dari kucuran dana tersebut, namun tetap berusaha menggalang dana sendiri. ”Di daerah lain sepertinya belum ada sehingga langkah ini bakal bisa menjadi pioner dan ditiru oleh komunitas serupa yang lainnya,” terangnya.
Selanjutnya dikatakan, dalam mendirikan MJT Mart yang baru dibuka tersebut, mendapat respons dari berbagai kalangan masyarakat. Seperti salah satu tokoh agama di Kota Pekalongan Habib Bagir yang datang dan ikut mendoakan agar usaha ini sukses dan barokah. Sebab usaha tersebut salah satu tujuannya adalah berbagi kebahagiaan, khususnya terhadap warga yang kurang mampu.
Menyinggung soal produk yang dijual di minimarket tersebut, barang-barangnya tak jauh berbeda dengan usaha serupa lainnya seperti kebutuhan pokok, makanan, minuman, dan lainnya. Direncanakan, pada 8 April mendatang MJT Mart secara resmi dibuka atau menggelar grand opening. Pada saat itu, akan ada banyak diskon atau potongan harga dari sejumlah produk yang dijual. (Moch Achid Nugroho-48)

 

http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/buka-minimarket-demi-kepentingan-masyarakat/