ADA RAHASIA DI BALIK KEBERKAHAN ROMADHON

June 7, 2016 by abahzaky2014

Kiriman Jamaah MJT

ADA RAHASIA DI BALIK KEBERKAHAN ROMADHON. Bagian2
           Diantara keberkahan Romadhon adalah: Orang yang berpuasa akan diampuni dosa-dosanya hanya dengan berdo’a ketika berbuka dengan do’a -do’a sebagai berikut: 
– مَا يقولُه الصائمُ عند فطره قبل الغروب، وهو: 

Do’a yang dibaca ketika buka puasa sebelum terbenam/maghrib/adzan:
أشهدُ أن لا إله إلا الله، أستغفرُ الله، أسألك الجنة وأعوذُ بك من النار (ثلاثا) اللهم إنك عفوٌّ كريمٌ تُحبُّ العفوَ فاعفُ عنّا.

ﻳَﺎﻋَﻈِﻴْﻢُ ﻳَﺎﻋَﻈِﻴْﻢُ، ﺃَﻧْﺖَ ﺇِﻟﻬِﻲْ، ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﻏَﻴْﺮُﻙَ، ﺍِﻏْﻔِﺮِ ﺍﻟﺬَّﻧْﺐَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢَ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻻَ ﻳَﻐْﻔِﺮُ ﺍﻟﺬَّﻧْﺐَ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟْﻌَﻈِﻴْﻢُ.

Saya bersaksi bahwa tiada tuhan yang patut disembah kecuali Allah, Aku beristighfar ( minta ampunan), aku memohon kepadaMu surga dan aku belindung pada Mu dari api neraka. 

Ya Allah, Sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf (dari kesalahan), mencintai maaf, maka maafkanlah kami (dari kesalahan-kesalahan kami.

Wahai Yang Maha Agung, wahai Yang Maha Agung, Engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan selain Engkau. Ampunilah dosa yang besar. Karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa yang besar kecuali Dzat Yang Maha Besar.
( Ketika dengar adzan atau beduk segeralah berbuka atau yang disebut dengan ta’jil (artinya segera berbuka) karena hal itu sunnah sekalipun seteguk air atau satu biji kurma dan jangan lupa tetap diwaktu makan baca : 

بسم الله الرحمن الرحيم 

ﺍﻟَّﻠﻬُﻢَّ ﺑَﺎﺭِﻙْ ﻟَﻨَﺎ ﻓِﻴﻤَﺎ ﺭَﺯَﻗْﺘَﻨَﺎ، ﻭَﻗِﻨَﺎ ﻋَﺬَﺍﺏَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ

 Yaa Allah, berkatilah kami pada rezeki yang engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka

– Dan do’a setelah makan

ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟِﻠّﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻳْﻦَ ﺍَﻃْﻌَﻤَﻨَﺎ ﻭَﺳَﻘَﺎﻧَﺎ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻨَﺎ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺴْﻠِﻤِﻴْﻦَ

Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami memeluk agama islam )
– مَا يَقُولُه الصَائِمُ إذا أفطر: 

Do’a setelah berbuka:

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﻟَﻚَ ﺻُﻤْﺖُ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺭِﺯْﻗِﻚَ ﺃَﻓْﻄَﺮْﺕ ُﻭَﺑِﻚَ ﺁﻣَﻨْﺖُ، ﻭَ ﻋَﻠَﻴْﻚَ ﺗَﻮَﻛَّﻠْﺖُ، ﻭَ ﺭَﺣْﻤَﺘَﻚَ ﺭَﺟَﻮْﺕُ، ﻭَ ﺇِﻟَﻴْﻚَ ﺃَﻧَﺒْﺖُ، ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺫَﻫَﺐَ ﺍﻟﻈَّﻤَﺄُ ﻭَ ﺍﺑْﺘَﻠَّﺖِ ﺍﻟْﻌُﺮُﻭْﻕُ، ﻭَ ﺛَﺒَﺖَ ﺍﻷَﺟْﺮُ ﺇِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ.

Ya Allah hanya karena-Mu aku berpuasa, dan atas rizqi-Mu aku berbuka dan hanya kepada-Mu aku beriman, dan kepada-Mu aku berserah diri, dan hanya rahmat-Mu yang aku mengharap, dan hanya kepadaMu aku kembali. Ya Allah telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat, dan tetaplah pahala (puasa) jika Allah Yang Maha Tinggi menghendaki.
ﻳَﺎ ﻭَﺍﺳِﻊَ ﺍﻟْﻔَﻀْﻞِ ﺍِﻏْﻔِﺮْ ﻟِﻲْ . ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﺃَﻋَﺎﻧَﻨِﻲْ ﻓَﺼُﻤْﺖُ، ﻭَ ﺭَﺯَﻗَﻨِﻲْ ﻓَﺄَﻓْﻄَﺮْﺕُ . ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧِّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﺍﻟَّﺘِﻲْ ﻭَﺳِﻌَﺖْ ﻛَﻞَّ ﺷَﻲْﺀٍ ﺃَﻥْ ﺗَﻐْﻔِﺮَﻟِﻲْ . ﺳُﺒْﺤَﺎﻧَﻚَ ﻭَ ﺑِﺤَﻤْﺪِﻙَ . ﺗَﻘَﺒَّﻞْ ﻣِﻨَّﺎ ﺇِﻧَّﻚَ ﺃَﻧْﺖَ ﺍﻟﺴَّﻤِﻴْﻊُ ﺍﻟْﻌَﻠِﻴْﻢُ . ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺇِﻧَّﻚَ ﻋَﻔُﻮ كريمٌ ٌّ ﺗُﺤِﺐُّ ﺍﻟْﻌَﻔْﻮَ ﻓَﺎﻋْﻒُ ﻋَﻨَّﺎ ﻳَﺎﻛَﺮِﻳْﻢُ

Wahai Dzat Yang amat luas keutamaanNya ampunilah aku. Segala puji bagi Allah Yang telah menolongku sehingga aku mampu berpuasa, dan memberiku rizqi sehingga aku dapat berbuka. Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepadaMu demi rahmatMu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku. Maha Suci Engkau dan terpujilah Engkau terimalah dari kami sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan menyukai sikap pemaaf maka maafkanlah kami. Wahai dzat Yang Maha Pemurah. 
 مَا يقولُه مَن أفطر عند الغير، وهو:

Do’a yang dibaca ketika telah berbuka di tempat orang: 

 أَفطرَ عِندَكُمُ الصَائِمُون، وَأكَلَ طَعَامَكُمُ الأَبرَار، وَصَلَّت عَلَيكُمُ الملائكةُ الأخيارُ.

Telah berbuka padamu orang – orang yang berpuasa, telah makan makananmu orang -orang baik, dan para malaikat yang terpuji memintakan ampunan untukmu.
كان صلى الله تعالى عليه وسلم إذا أكل عند قوم لا يخرج حتى يدعو لهم؛

NABI Muhammad saw jika berbuka di tempat orang beliau tidak keluar sampai mendoakan mereka dahulu.

 فدعا في منزل عبد الله بن بشر بقوله: 

Beliau pernah di rumah Abdullah bin Bisyir dan beliau mendoakannya: 

«اللّهُمَّ بارِك لَهم فِيما رَزَقتَهُم، وَاغفِر لَهُم وَارحَمهُم».

Ya Allah berkahi mereka pada Rizki yang engkau berikan pada mereka, dan ampunilah mereka dan rahmati