Tips agar tidak pikun

March 18, 2016 by abahzaky2014

Copas dari sebelahnya MJT.
πŸƒπŸπŸƒπŸπŸƒπŸπŸƒπŸπŸƒπŸπŸƒπŸ

🌼 πŸ“– Tips agar tidak Pikun Saat Menua? πŸ“–πŸŒΌ

πŸ”– Sama seperti tubuh Anda, otak Anda pun perlu melakukan “olahraga” secara teratur agar tetap sehat seiring dengan semakin bertambahnya usia kita.
πŸ‘‰πŸΎπŸ‘πŸΌBerikut beberapa hal yg dapat dilakukan untuk terus “melatih” otak dan membuatnya terhindar dari proses penuaan. 
πŸ…1. Mempelajari Suatu Hal Baru dan Kompleks.
☝🏽Saat kita mempelajari suatu hal baru yg cukup sulit, maka kita pun akan merasa frustasi & tertantang, yang baik bagi otak. Hal ini dikarenakan otak akan berusaha sangat keras untuk mempelajari hal baru tersebut. 
πŸ’‘Contohnya adalah bila kita merupakan orang yg sulit menghafal, cobalah untuk menghafal irama hafalan rekaman orang lain.
πŸ…2. Melatih Kembali Tubuh kita.
☝🏽Cara lainnya untuk “melatih” otak adalah dengan membuat tubuh mempelajari suatu hal baru, misalnya dengan mengubah cara kita berjalan atau naik tangga. 
πŸ’‘Misalnya dengan menaiki 2 anak tangga sekaligus atau berjalan zig-zag. Memaksa otak untuk melakukan sesuatu hal yang tidak biasa merupakan cara yang cukup baik untuk “melatihnya”. 
πŸ…3. Gunakan 2 Indra Bersamaan.
☝🏽Contoh mendengarkan sesuatu sambil membersihkan rumah bisa berpengaruh baik bagi kesehatan otak. Otak akan bekerja dengan sangat baik saat Anda harus menggunakan 2 panca indra sekaligus.

 

πŸ…4. Melatih Daya Ingat Jangka Pendek & Jangka Panjang.

 

☝🏽Perlu diketahui bahwa daya ingat dan konsentrasi saling berhubungan. Untuk “melatih” otak , cobalah untuk memfokuskan konsentrasi pada ingatan jangka pendek dan jangka panjang secara bergantian, 
πŸ’‘Misalnya cobalah ingat dan bicaralah mengenai berbagai hal yang terjadi setahun lalu di dalam kehidupan kita, kemudian cobalah juga untuk mengingat apa aktivitas kita kemarin. 
πŸ‘Intinya hal ini adalah melatih konsentrasi kita!

 

πŸ…5. Menjaga perasaan tetap bahagia dan bersyukur.
πŸ‘‰πŸΎπŸ“‘Berbagai penelitian telah menemukan adanya hubungan antara perasaan senang, bahagia dengan kesehatan seseorang. 
πŸ›‘Tentunya hal ini terkait cara kita menghadapi masalah & mengelola stress, juga terkait dengan interaksi kita dengan orang terdekat kita baik suami, anak dan teman-teman kita. 
🌹Perasaan bahagia ini terkait dengan hormon-hormon saat kontak fisik seperti belaian , pelukan dengan keluarga atau orang yang kita kasihi dapat memicu pelepasan hormon oksitosin di dalam otak. 

 

πŸ…6. Kontrol Pikiran Anda.
☝🏽Pernah merasa kewalahan karena banyak sekali yang harus dihafalkan? Otak manusia ternyata juga dapat merasa “kewalahan” dgan banyaknya informasi yg masuk sekaligus, yg akan membuatnya sulit untuk tetap fokus.
πŸ’‘β° Cara mengatasinya adalah dgan menyisihkan sedikit waktu setiap harinya & berelaksasi. Saat relaksasi fokuskanlah perhatian pada satu hal saja, misalnya apa yg kita dengar atau apa yg tubuh kita rasakan.
βœ”Dengan relaksasi, kita belajar bagaimana caranya mengendalikan pikiran Anda

 

πŸ…7. Berobat, Bila Perlu.
☝🏽Berbagai gangguan kesehatan seperti cemas atau depresi dapat sangat berpengaruh pada kesehatan otak secara keseluruhan. Keduanya dapat membuat otak bekerja dengan lebih lambat, bahkan bila kita telah melakukan berbagai hal di atas. 
πŸ“žπŸ‘ˆπŸΌJika kita merasa menderita kedua gangguan di atas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang diperlukan.

✍🏾Oleh: #dr_Emi Umm Khonsa

Telah dikoreksi dr. Agustin Aisyah, Sp. PK, MKes

⏳Publikasi: Selasa, 6 Jumadil Akhir 1437H / 14 Maret 2016.

πŸ“²Channel Telegram:

Β» bit.ly/Majmuah_Bikum
🌐 Website:

Β» http://bikum.web.id/2016/03/14/tips-agar-tidak-pikun-saat-menua/
🍯 Majmu’ah BIKUM 🍯

Tanggalan

March 2016
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Blog Stats

  • 142,187 hits
web
statistics