KESOMBONGAN ADALAH SELENDANG ALLAH

February 25, 2016 by abahzaky2014

copas dari MJT Grup

Tidak pantas bagi manusia yang diciptakan dari setetes mani yang hina dengan penuh kelemahan bersikap sombong.
Allah Ta’ala berfirman: “Janganlah engkau memalingkan muka dan para manusia sebab kesombongan dan janganlah berjalan di bumi dengan takabbur, sesungguhnya Allah itu tidak suka kepada setiap orang yang sombong dan membanggakan diri.” (Luqman: 18) 
Saudara-saudariku

Ingatlah bahwa Allah Ta’ala senantiasa mengawasimu. Oleh karena itu jangan sekali-kali menghina seseorang atau menolak kebenaran yang disampaikan kepadamu.
Allah ‘Azza Wa Jalla murka kepada seseorang yang bersikap demikian dan DIA akan merendahkan mereka yang menyombongkan diri.
Bagaimana kau dapat menghina seorang Muslim dengan perkataan sesat, kafir padahal kau tidak pernah tahu bagaimana akhir usiamu dan usianya kelak, husnul khatimah atau su’ul khatimah.?
Di samping itu kamu juga tidak mengetahui, kelak engkau akan masuk mana, surga atau neraka?Jika mau bersikap jujur, maka yang paling pantas untuk kau hina adalah dirimu sendiri.
Sudahkah kau teliti keburukan-keburukan dirimu dan kekotoran jiwamu yang tidak diketahui orang lain, sehingga kau sucikan hati orang lain dan kau cela dirimu sendiri?
Sesungguhnya kita dilarang untuk merasa diri suci tanpa dosa, bersih tanpa khilaf dan alpa.
Renungkanlah, sudah berapa banyak muslim dan muslimah yang tersakiti dengan ulah dan lisan kita yang mengatakan sesat dan kafir?

Jika hal itu terjadi, bukan tidak mungkin kelak di hari kiamat kita akan berada di bawah telapak kaki orang-orang yang kita hina di dunia.
Dijelaskan dalam hadits mulia

Dari Haritsah bin Wahab (r.a) berkata: “Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda: “Tidaklah saya memberitahukan padamu semua, siapakah ahli neraka itu? Mereka itu ialah ORANG YANG KERAS KEPALA (HR.Bukhari Muslim)
Dalam Hadist Qudsi Nabi juga bersabda: Allah Ta’ala berfirman: “kesombongan adalah selendangKu dan keagungan adalah sarungKu. Barangsiapa yang ikut serta dengan Ku dalam salah satu dari kedua sifat itu, maka Aku akan mencampakkannya di neraka Jahannam dan Aku tidak peduli.
Allah berfirman : “Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong” (QS : An Nahl :23)
Mohonlah selalu lindungan dari ‘adzab Allah, Renungkanlah setiap kebenaran yang mengajakmu lebih dekat kepada Allah dan Kekasih-Nya Sayyidina Muhammad Rasulillah.

Pintalah dalam setiap doamu supaya Allah ta’ala menolongmu menghapuskan kesombongan dari hatimu.
Wallahu Muwaafiq Ilaa Aqwamit thariq,

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh