Komitmen Agama dan Sehat

February 7, 2016 by abahzaky2014

Copas dari MJT Grup

KOMITMEN AGAMA MENJADIKAN KITA SEHAT, insyaaAllah.  
Semua Amal Saleh semata-mata karena Takwa, demikian halnya Shalat Tahajud semata-mata karena Takwa. Tahajud bagian dari komitmen diri terhadap implementasi takwanya. Salah satu efeknya adalah menjadi terapi pengobatan terbaik dari berbagai macam penyakit. Karena itu, orang-orang yang membiasakan diri untuk Tahajud akan memiliki daya tahan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit.
Rasulullah SAW bersabda, “Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR Tirmidzi).
Larson (1992) dalam penelitiannya sebagaimana termuat dalam “Religious Commitment and Health” menyatakan antara lain bahwa komitmen agama amat penting dalam pencegahan agar seseorang tidak mudah jatuh sakit, meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengatasi penderitaan bila ia sedang sakit serta mempercepat penyembuahan selain terapi medis yang diberikan.

{Manajemen Stress, Prof Dr dr H Dadang Hawari, Psikiater. Jkt, 2011.h.143-144.}