Etik, moral, Susila, santun, sopan, akhlaq, adab, manner dan attitude.

November 4, 2015 by abahzaky2014

Salaam mumpung agak sepi saya isi sedikit. Hanya unt yg berkenan membaca. 
Etik, moral, Susila, santun, sopan, akhlaq, adab, manner dan attitude.
Semua kalimat di atas memiliki makna yg hampir sama dan saya akan ambil satu saja yg lebih dekat dg pengertian kita yaitu akhlaq. Yang kita semua tau arti dan maksudnya. 
Akhlaq sangat penting dan di tuntut pada setiap org dalam berhubungan dg orang lain atau semua makhluq dan juga pada Allah dan dengan akhlaq kita mampu unt menjalin hubungan dg siapa saja bahkan org yg berlainan kepercayaan sekalipun ketika mereka berbeda dan tidak mau menyakini keyakinan yg kita anut. 
Selama seseorang menghormati orang lain dari sisi kemanusiaan maka semua hubungan akan lancar dan baik. 
Namun akhlaq bukan berarti kita mesti tunduk atau diam ketika kita menyaksikan kesalahan atau kita di pihak yg di dholimi atau melihat ke dholiman yg dilakukan teman atau kelompok kita thd orang lain. 
Makanya ada kata2 vتخلقوا بأخلاق الله yg artinya berakhlaqlah dg akhlaq Allah apakah maksud kata2 di atas dalam berakhlaq kita juga harus tegas. 
Dlm alquran berapa kali Allah mengucapkan kata2 bodoh, bak binatang bak khimar atau menjuluki manusia dg kalimat syaitan, tentunya Allah tidak akan menghina hambanya, tapi hanya ingin mengingatkan dg kalimat yg tegas, karena Allah tidak mungkin dholim dg menghina hamba, tapi ketegasan akan membuka fikiran seseorang hingga dia mau kembali ke jalan yg benar. 
Bayangkan kalau kita tau ada org yg bodoh kita puji, kita katakan dia pandai dan hebat maka org tsb selamanya tdk akan tau kalau dia bodoh dan yg demikian itu di katakan dholim. 
Mungkin tulisan saya akan di artikan sebagai pembelaan karna saya tersangkut masalah etik atau akhlaq dan itu wajar tapi sebelumnya saya sudah meminta maaf hanya saja dlm tuntutan saya sebetulnya ingin mengetahui sampai manakah batas dari kesantunan seseorang makanya saya menuntut seseorang unt menjelaskan. 
Karena menurut saya sangat perlu kita mengetahui definisi akhlaq atau etik hingga kita bisa saling menjaga, dan tidak terkesan kalimat etik hanya sebagai senjata unt org yg tidak di sukai.
Beberapa hari yg lalu saya berharap banyak yg komen ttg etik tapi ternyata hanya beberapa, walau yg lain memberi jempol, sayangnya dari sekian yg bicara etik justru “pendukung ahok” 😊 
Saya sangat kagum dg Hb Ali b Hud yg selalu memberitakan politik pemerintahan kita dan kalau kita cermat tulisan2 beliau kita tau dg jelas bagaimana etika pemerintahan kita dg segala janji dan dan kebohongan nya.
Saya rasa itu juga suatu contoh yg baik kalau kita betul2 menilai akhlaq atau etik orang dan kelompok tertentu.
Begitu juga kiriman hb Novel Ali ttg bagaimana perusahaan yang enggan menerima seseorang bekerja di perusahaannya hanya dg tiga kesalahan etika, yg tidak ada hubungan dg perusahaan tsb walaupun menurut saya kesalahannya bulan hanya etik. Karna ada kebohongan pencurian, dan moral. 
Jadi sangat penting menurut saya walau mungkin saya juga salah, kalau kita di kasih tau mana batasan etik sayangnya sampai sekarang belum ada penjelasan.
Harusnya mumpung kita punya media kita isi sedikit dg yg bermanfaat dari yg kita tau, bukan melulu copas milik org lain yg kadang salah tapi akhirnya kita harus ikut bertanggung jawab dg kesalahan karna ikut mengirim. 
Mari kita diskusi mari kita debat karna keduanya di anjurkan dlm alquran, dan debat lah mereka dg dg hujjah yg lebih baik jangan kalau ada diskusi atau debat malah di cegah dg dalih2 kesantunan kecuali kita menghina atau melecehkan atau menuduh.
Kalau hanya memberi contoh sah2 saja menurut saya, walau mungkin saya salah, tapi kadang kalau kita mempelajari suatu ilmu kita di pendengaran dg2 contoh 2 yg kurang sopan unt mempermudah dlm memahami. 
Salaam wuihhh dowoneeeee.